Jurus Iqbal-Dinda Perangi Kemiskinan dan Pengangguran di NTB

Advertisement

Jurus Iqbal-Dinda Perangi Kemiskinan dan Pengangguran di NTB

18 Sep 2024

Kabupaten Bima||Bimakita-Persoalan kemiskinan dan pengangguran serta disparitas pembangunan antara Pulau Lombok dengan Sumbawa menjadi perhatian khusus cagub dan cawagub NTB Lalu Muhammad Iqbal dan Hj. Indah Dhamayanti Puteri.

Cagub/cawagub NTB Lalu Muhammad Iqbal dan Hj. Indah Dhamayanti Puteri berpidato di hadapan puluhan ribu pendukung, simpatisan, relawan dan masyarakat saat deklatasi di GOR Turida Sandubaya, Kota Mataram, Minggu (15/9/2024).


Pemetaan kantong-kantong kemiskinan dan pengangguran sudah dilakukan untuk mewujudkan NTB Makmur Mendunia.


"Disparitas pembangunan antara Pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa sudah saya dengar puluhan tahun lalu, dan sekarang masih terus terjadi. Saya sudah melakukan riset soal itu," kata Mamiq Iqbal beberapa waktu lalu.

Selain soal disparitas, Paslon Iqbal-Dinda juga sudah memetakan akar persoalan serta kantong-kantong kemiskinan dan pengangguran di NTB.

"Kita akan bangun jalan Tol mulai dari Ampenan sampai Sape untuk mengurai kantong-kantong kemiskinan dan kantong-kantong pengangguran," tambah mantan Duta Besar Turki tersebut.

Iqbal-Dinda berharap dengan adanya Tol, konektivitas dan ekosistem ekonomi akan terbangun, sehingga berkah ekonomi bisa dirasakan dan dinikmati secara merata oleh masyarakat dikedua pulau.

"Kedepan, potensi-potensi pertanian, perternakan dan kelautan di masing-masing wilayah bisa dimobilisasi keluar daerah dengan biaya logistik yang murah. Di Bima ada bawang merah, bisa di kirim ke Pulau Jawa dengan biaya murah. Gak perlu waktu tempuh yang terlalu lama." Lanjutnya.

Selain rencana membangun Tol, ada beragam program yang akan dilakukan guna memerangi kemiskinan dan pengangguran lewat ekosistem ekonomi berbasis potensi wilayah masing-masing.